Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Mulai

Mimesis dan Signficant Form

Nama : Muhammad Abi Aufa

NPM : 202146500549

Kelas : S3D

Dosen Pengampu: Angga Kusuma Dawami, M. Sn.

Analisis 3 Karya Design Menggunakan
Teori Mimesis dan Teori Significant Form

  1. Poster Film

Gambar 1 : Poster Film Laskar Pelangi

Dilihat dari Teori Mimesis : Dapat dilihat dari background poster menggambarkan alam sekitar. terdapat sebuah ilustrasi siluet dari pelangi dan rerumputan. Dan terdapat sekelompok anak kecil. Ilustrasi ini merepresentasikan dari kondisi alam yang sebenarnya.

Dilihat dari Teori Significant form : Terdapat judul dengan font typeface yang tidak kaku sehingga menciptakan kesan dramatis dan kombinasi warna yang mewujudkan sebuah bentuk yang estetis. Dan objek anak kecil menggunakan konsep keseimbangan dari kanan ke kiri.

2. Flyer

Gambar 2 : Flyer Retro 80s Club

Dilihat dari Teori Mimesis : Dapat terlihat dari gambar illustrasi suasana pantai seperti pohon kelapa dan matahari tenggelam yang merupakan representasi dari kondisi alam, yang di mana merupakan \ salah satu kondisi alam yang sebenarnya.

Dilihat dari Teori Significant Form : bisa dilihat banyak kombinasi antar garis, warna, titik.meski demikian poster ini tetap enak dilihatnya.  Terdapat kombinasi tipografi dengan menggunakan efek tone & glow. Background terlihat gradasi 3 warna. Dan objek pohon kelapa menggunakan prinsip keseimbangan sehingga menjadi sebuah desain flare tersebut nampak menyala dan enak dipandang.

3. Iklan

Gambar 3 : Iklan Rokok Sampoerna

Dilihat dari Teori Mimesis : Dapat dilihat dari background poster menggambarkan alam sekitar saat ini seperti gedung tinggi, awan dilangit. Terdapat obyek seorang melompat. Terdapat pada bagian bawah bahwa rokok dapat  merusak kesehatan.

Dilihat dari Teori Significant Form : Dapat dilihat dari font type yang tegas sehingga memotivasi. Background dibuat hitam putih dan difokuskan ke Logo & typografi. Sehingga menghasilkan iklan yang menarik.

Kesimpulan :

Untuk menghasilkan karya yang estetis dan realistis kita dapat menggabungkan teori mimesis dan teori significant form. Karena keduanya tidak dapat dipisahkan. karna dalam teori mimesis memiliki arti berpandangan bahwa karya seni maupun karya sastra merupakan bentuk tiruan alam atau kehidupan manusia. sementara significant form adalah merupakan salah satu istilah dalam seni, khususnya seni lukis. significant form merupakan  kombinasi garis atau warna yang secara estetis mewujudkan bentuk. sebuah karya juga mempunyai bentuk yang bermakna (signiflcant form). Kita harus melibatkan ide, gagasan, dan ekspresi untuk menghasilkan karya yang realistis dan dalam karya juga melibatkan penggabungan unsur garis, titik, warna, dan unsur lainnya untuk membangkitkan kesan estetis. Dan menjadikan sebuah karya yang sukses enak dilihat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: